Mengapa Belajar Linux?

Mengapa belajar linux?, Pentingkah linux? Jika penting, seberapa penting dan untuk apa susah-susah belajar Linux ? Bukannya kita bisa memakai Linux tanpa harus belajar seperti yang ditulis oleh pak Rusmanto di blog-nya. Saya pribadi, jika ditanya demikian, akan menjawab bahwa belajar Linux adalah sesuatu yang penting, apalagi jika bidang yang kita tekuni adalah jaringan komputer atau IT.

Ada beberapa alasan mengapa harus linux, menurut hal-hal yang saya yakini dan itu mungkin bisa menjadi alasan yang logis Mengapa harus linux,

– Linux membuat kamu lebih pintar
Ternyata ketika justru sesuatu itu tidak ada, membuat kita berpikir bagaimana cara mendapatkannya ? Demikian yang terjadi pada penulis ketika menggunakan Linux, banyak hal yang dulunya penulis tidak mengerti tentang komputer, alhamdulillah dengan kehadiran Linux, membuat penulis jadi sering bertanya dan bertanya. Dan semuanya akan terjawab ketika kita berusaha untuk mencari. Seperti dulu, ketika komputer penulis tidak bisa memutar file .mp3, kenapa ya? Kok tidak bisa? Eh, ternyata kita harus menginstall codec tertentu, apa itu codec? Cara installnya gimana? Kok filenya berformat .tar.gz? Apa itu? Hingga akhirnya penulis bisa mengerti semuanya, alhamdulillah. Berbeda ketika menggunakan Windows, kita sangat dimanjakan. Kita hanya disuruh make aja, tanpa pernah berpikir kenapa harus begini? Kenapa harus begitu? Semuanya udah siap pake…ketika rusak sedikit bingung jadinya. Atau solusinya harus diformat ulang komputernya.. Waduh.. Selain itu, bagi anda yang terbiasa menggunakan Linux, walau anda belum pernah menggunakan Windows, secara otomatis anda akan bisa juga menggunakan Windows.

– Linux membuat kamu merasa aman

Hingga saat ini, Linux dijamin aman dari serangan virus InsyaAllah. Kita semua pasti pernah merasakan betapa menjengkelkannya ketika komputer kita terkena virus, berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia, hanya karena virus. Dan otomatis kerja anda jadi terganggu. Kenapa Linux aman dari virus? Menurut penulis sebabnya adalah : * Kebanyakan virus dibuat untuk sistem operasi Windows. * Linux belum setenar Windows. * Linux memiliki pertahanan berlapis, dikarenakan di Linux dikenal istilah hak akses file (permission file) Namun untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya anda memasang antivirus, karena kadang kita tidak tahu kalo dikomputer kita ternyata ada virus, walau virusnya ga akan merusak komputer Linux kita, kemudian suatu waktu kita ingin membuka data kita dikomputer teman yang menggunakan Windows, eh ternyata karena sebab kita, komputer teman jadi kena virus..karena ketidaktahuan kita. Juga, tidak ada salahnya bila kita mencegah sejak dini. Siapa tahu ada orang yang ga suka, akhirnya menciptakan virus buat Linux.

– Linux membuat membuat kamu lebih hemat

Inilah salah satu faktor kenapa mulai berbondong-bondong perusahaan beralih ke Linux, karena dengan menggunakan Linux, bisa menghemat banyak pengeluaran. Coba simak kisah sukses berikut : Dikatakan Lolly Amalia, Direktur Sistem Informasi Ditjen Aptel Depkominfo, Brasil terbilang sukses dalam mengimplementasi dan memberikan contoh konkret kelebihan dari Open Source. ”GDP mereka terbukti naik setelah pakai Open Source.” Selengkapnya baca disini. Salah satu keunggulan dari Open Source adalah mampu memberikan penghematan. Kementerian Negara Riset dan Teknologi misalnya, mampu berhemat hingga 60 persen anggaran TI lantaran menggunakan aplikasi bersistem terbuka itu. Demikian dikatakan Kemal Prihatman, Assistant Deputy IT Development Kementerian Negara Ristek di sela Global Conference on Open Source di Hotel Shangrila, Jakarta, Senin (26/10/2009)…Selengkapnya baca disini. Dan lain-lainnya. Kalo bagi penulis pribadi, menggunakan Linux sejak awal, untuk mencegah akan ketergantungan pada satu sistem operasi. Mungkin saat ini kita masih dengan mudahnya memperoleh software bajakan, dan kita merasa aman-aman saja. Namun bila tiba saatnya nanti, ketika razia terhadap software bajakan semakin tegas. Sehingga akan membuat anda mau tidak mau harus mengeluarkan uang untuk membeli software yang asli, karena anda telah menjadi ketergantungan, bila tidak pakai Windows anda tidak bisa bekerja. Padahal harganya sangat mahal. Bila sejak awal anda menggunakan Linux, tentu anda jadi bisa menabung.

– Linux membuat kamu lebih mudah memperoleh pekerjaan

Kenapa? Karena sebagaimana telah penulis singgung di atas, bahwa Linux akan membuat anda menjadi lebih pintar. Namun di dalam komunitas Linux, anda dilarang pintar hanya untuk diri anda sendiri. Anda wajib berbagi kepintaran anda dengan orang lain, andwajib membantu bila ada yang mengalami kesulitan. Kenapa? Karena kepintaran yang telah anda dapatkan juga karena orang lain. Sehingga di dalam komunitas Linux, kita diajarkan untuk berbagi ilmu, membangun jaringan. Dan akhirnya dengan berbagi, ikhlas memberi. Dari sinilah insyaAllah pekerjaan yang akan mendatangi anda.

http://medan.linux.or.id/ (KPLI Medan)

5 thoughts on “Mengapa Belajar Linux?

  1. Dhanank says:

    Great articles!

    Kami di usaha web hosting juga 98% – 100% menggunakan linux sebagai OS server. Memulai usaha lebih mudah dan berbiaya lebih rendah karena tidak perlu membayar lisensi OS. Hanya lisensi aplikasi-aplikasi terkait seperti kontrol panel.

    Keep posting!🙂

  2. Dhanank says:

    Great article!

    Kami di usaha web hosting juga 98% – 100% menggunakan linux sebagai OS server. Memulai usaha lebih mudah dan berbiaya lebih rendah karena tidak perlu membayar lisensi OS. Hanya lisensi aplikasi-aplikasi terkait seperti kontrol panel.

    Keep posting!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s