Jenis Desktop Pada Linux

Pada dasarnya linux memiliki 2 jenis variasi desktop, diantaranya: KDE dan GNOME. Berikut ini pembahasan tentang desktop KDE dan GNOME.

A. KDE

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak yang bernama Trolltech. KDE dikembangkan tidak hanya untuk linux saja, tapi ada juga yang dikembangkan untuk Solaris,Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Keunggulan KDE adalah kemudahan pemakaian, portable,fleksibilitas, dan fasilitas yang lengkap. Kelengkapan fasilitas pada KDE sampai-sampai membuat banyak orang awam menyangka KDE adalah sebuah operating sistem.

Sayangnya KDE tidak berstatus 100% free dan open source. Lisensi open sourcenya adalah open source bersyarat, sehingga berbeda dengan GNU GPL.

Maskot dari proyek KDE adalah naga kecil berwarna hijau yang bernama Kongi.

B. GNOME

GNOME adalah lingkungan desktop lain yang sama dengan KDE namun berbeda dari segi sistem dan kemampuannya. GNOME tidak saja merupakan sebuah window manager, tapi merupakan sebuah sistem desktop yang mudah untuk berinteraksi dengan banyak sistem dan platform.

Hal ini dikarenakan GNOME menggunakan CORBA (Common Object Resource Broker Architecture). GNOME dibuat berdasarkan lisensi GNU, hal ini membuat GNOME lebih diterima dalam dunia open source jika dibandingkan dengan KDE.


2 thoughts on “Jenis Desktop Pada Linux

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s